"> "> "> " name="subject"/> " name="abstract"/> " /> " /> " />
Img

Memilih Kaca Film Mobil sesuai Kebutuhan

Kaca film banyak digunakan para pemilik mobil untuk mengurangi intensitas cahaya ketika mengemudi. Sayangnya, tidak banyak yang tahu berapa kegelapan kaca film yang tepat dan ideal. Disini saya akan menjelaskan tentag kegelapan kaca yang tepat dari kaca depan, samping, dan belakang.

1. Kaca Depan  
Untuk  safety, kaca depan dianjurkan hanya 20 % saja. Tapi kalau masih merasa 20 % masih terlalu terang anda menaikkan sampai maksimal 40 %, oh ya dan  jangan pernah lebih. Kelebihan memakai 40 % di kaca depan mobil kita tidak akan terlalu silau di jalanan siang hari. Pertimbangan lain adalah kalau malam hari dengan memakai 40 % kaca depan, kita bisa mengurangi gangguan karena silau dari sorotan lampu kendaraan yang berlawanan arah. 

Tapi kalau kamu sering keluar kota dengan jalanan yang banyak tidak bagus atau berlubang, disarankan pakai 20 %. Tetapi, Beberapa orang merasa kaca depan tidak perlu dipasang kaca film, alasannya takut tidak bisa melihat jelas kondisi jalan di malam hari.

2. Kaca samping kiri kanan pengemudi  
Bila menggunakan kaca film 20 % di depan, jangan memasang kaca film terlalu gelap di kaca samping kiri kanan pengemudi. Alasannya, tentu disaat mata kita melihat kaca depan yang terang kemudian kita melihat kaca spion dari jendela samping yang gelap, mata kita butuh waktu lama untuk menangkap bayangan di spion. Jadi bila kaca depan 20 %, maka untuk kaca samping kiri dan kanan pengemudi cukup gunakan 40 %. 

Apabila kaca depan anda menggunakan 40 %, gunakan kaca film 40% atau  60 % di jendela samping ini. Tetapi, 60 % dirasa lebih baik. Kenapa 60%? Karena diraasa lebih teduh di mata pada siang hari, dan di malam harinya kita terbantu dengan berkurangnya silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita dari spion. Lampu mobil di belakang kita hanya akan tampak bulat dan tidak menyebar, sehingga kita bisa fokus melihat ke depan, hebat bukan. 
 
3. Kaca samping kiri dan kanan ( row 2 dan row 3)
Bila mobil kamu sedan, hanya akan ada jendela row ke-2, dan bila mobil kamu MPV atau SUV jendela akan ada row ke-3. Untuk kaca film jendela kiri kanan dibelakang pengemudi ini, bebas, kamu bisa menentukannya. 

4. Kaca belakang
Lalu kaca belakang, bila mobil kamu di spion di tengah kabih sudah dilengkapi dengan rayben mode, maka kaca belakang bisa menggunakan 20% atau 40%, jangan lebih. Namun bila belum ada mode rayben, disarankan pakai 60 %, untuk menghindari silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita lewat spion tengah. Dan Jangan menggunakan 80%, itu akan menyulitkan anda saat jalan mundur di malam hari. Apalagi malam hari dan hujan. Waduhhh bisa gawat.